pada ketiadaan

aku bukanlah kerdil yang melebur untuk tidak terintimidasi dengan sengaja. aku tidak cepat meluber seperti lilin yang akan segera padam. aku sadar, berdiri di atas keakuan terkadang seperti seorang biadab. aku menyukai kebebasan dan kesejatian seperti aku menyukai diri yang mungkin akan menjadi racun. tapi itu bukanlah racun yang akan mencemari manusia yang lain (kebersamaan dan keperkenalan).

pada darah yang harus mendidih dan dikorbankan untuk setiap keputusan. pada peti mati yang telah dipersiapkan. pada perjalanan dengan luka dan harapan di masa depan. pada lingkaran yang membuatku jatuh cinta.

dan pada ketiadaan yang harus mati!

red lipstick!

IMG_20150911_133055

I really don’t understand, kenapa orang bisa sepicik itu melihat wanita memakai red lipstick. something wrong with ‘red’? apa karena merah menandakan yang ber’gairah’, yang mencolok, yang ingin dilihat?. hello, dilihat?

if you think like that, bukankah seseorang yang memakai soft pink lipstick pun juga ingin dilihat. why? karena bisa saja dia memakai lipstik berwarna soft untuk mempertahankan imagenya yang lembut, bukankah dia juga ingin dilihat menjadi seseorang yang ‘lembut’. akhirnya sama saja bukan?.

bagaimana jika si ‘soft’ dan ‘hard’ ini memakai lipstik hanya karena ingin. iya, hanya karena ingin. bisa jadi pemakai lipstik lembut mereka memang tidak suka memakai yang mencolok atau bisa jadi mereka memang tidak percaya diri memakai lipstik mencolok. dan si pemakai lipstik mencolok bisa jadi dia memiliki percaya diri yang tinggi dan dia menyukainya. who knows? gak akan ada yang tau latar belakang seseorang memakai lipstik apapun itu warnanya kecuali lo ngelakuin penelitian pake metode Focus Group Discussion . dan kita gak bisa nutup kemungkinan mereka itu punya lipstik gak cuma satu jadi terserahnya dia sedang ingin memakai lipstik warna apa. iya gak sih, kenapa lo yang jadi ribet dengan steriotip cewe yang dandan apalagi pake lipstik warna merah itu adalah cewe nakal, dasar kerdil!

I want to talk to you : ” ketika kamu membuka lemari, bukankah kamu akan memilih pakaian yang akan kamu pakai? ketika kamu pergi, bukankah kamu akan berkaca dan menyisir dan mungkin sedikit memakai minyak rambut?. dan ketika kamu berpikit wanita yang memakai lipstik berwarna soft lebih baik daripada yang mencolok, bukankah mereka berdua sama saja memakai lipstik?. mungkin kamu sering menjumpai wanita yang memakai red lipstick hanya untuk memenuhi kualifikasi untuk masuk kedalam pasar-pasar kepribadian, tempat dimana kamu bisa memilih wanita mana yang masuk dalam kualifikasi untuk dijadikan pasangan. dan kamu melihat hal itu seperti sesuatu yang patut di’injak’ dan bukankah kamu pun patut kami injak, bukankah kita di posisi yang sama?”

finally, I have to say that red lipstick is not bad. red lipstick is like other lipstick, dia adalah bagian dari warna yang ada di muka bumi ini. jadi jangan anak tirikan dia!

alat yang lebih kuat

jangan terus mengedor-gedor tembok yang telah aku bangun hanya dengan menggunakan pentulan jarum

kamu tau? harusnya aku bertanya pada jariku, kenapa huruf dari namamu yang selalu aku ketik lebih dulu dalam kolom pencarian. aku pikir ini hanya sebentar, tapi ini sudah menjadi kebiasaan. 

sungguh, aku sangat ingin berbisik, memberitahumu dari mulutku yang dekat dengan telingamu bahwa pandanganku masih tertinggal pada saat pertama kita bertemu. apakah kamu bisa mendengarnya sekarang?

aku tidak ingin berteriak dengan mulutku tapi dengan mataku, lihatlah, tatap lah jangan hanya menunduk, aku ingin berbicara denganmu.

aku tidak apa-apa tapi aku tidak baik-baik saja dengan semua ini. aku ingin kamu menghilang seperti kemarin, agar aku tidak perlu mencari mu pada kolong-kolong itu. kenapa kamu harus menoleh lagi padaku. apakah kamu benar sudah berada dihadapanku dan berjalan pergi menjauh atau sebenarnya kamu selalu tepat berada di belakangku?

aku tidak mempunyai mata dibelakang, aku pun tak mau menoleh ke belakang, apa yang kamu lakukan? apakah kamu terus mengecil atau mungkin sekedar ‘mampir’. aku tidak suka.

kembalilah dengan alat yang lebih kuat untuk merobohkan tembokku

agar aku bisa membantumu menggerogotinya dari dalam

atau menghilanglah tanpa permisi

1:45

1 Oktober 2014

aku tidak pernah mengerti hubungan rindu dengan perginya matahari kesisi yang lain dari tempatku

aku tidak pernah mengerti hubungan rindu dengan mu

aku tidak pernah mengerti mu

bagaimana sekarang? aku selalu berada dalam atmosfer yang mengharamkan untuk merindukanmu.

bagaimana sekarang? kerinduanku terus bersikukuh untuk diberi perlakuan. perlakuan seperti sebuah tamparan

kau tau, ini sungguh menyedihkan untuk aku beberkan dalam sebuah tulisan

mari akhiri saja dalam sebuah tanda tanya

tunggu, tanda tanya? tanda tanya yang seperti puzzle raksasa

berapa lama aku harus menyusunnya untuk menemukan sebuah jawaban tentang rupa

rupa mu

mandiri

mandiri sebuah kerapuhan yang bermartabat

kayaknya sih rada alay gitu kalo gue ibaratin mandiri itu lahir dari sebuah kerapuhan, lahir dari sebuah luka, lahir dari sebuah kekecewaan, lahir dari sebuah pelarian dan yah lahir bukan karena ingin, mungkin!

gue manu nulis tetang si mandiri ini udah dedari lama, tapi da gimana, lagi males nulis. at least, walaupun rada nunggu lama sekarang gue ceritain juga.

jadi gini ceritanya, taraaaaaa!

kemarin, kemarin, kemarinnya lagi gue mau ada kkn. disebuah desa yang ntah berantah gue juga kaga tau bentuknya dengan berbagai rumor yang mewarnai desa itu kalo desa itu sering konflik yang ekstrim, ngebuat gue pengen bergantung sama orang gue butuh pelindung petunjuk arah, setidanya gue butuh powerranger yang dengan ngejerit minta tolong aja dia bisa langsung dateng, sejenis itulah. dan kemudian tadaaa gue mendapatkanya. gue udah seneng banget tuh *biasa aja sih, akhirnya gue dapet pelindung tapi eng ing eng toek wew dia menghilang ntah karena kosakata yang mana yang bisa mewakili. baiklaaaah, aku menelannya dan bergantung sepenuhnya pada diriku sendiri, uhyeh aku mandiri.

kemarin, kemarinnya lagi gue minta tolong pada seonggok teman. sederhana dan dia menyanggupi betapa betapa tenangnya ketika ada orang yang bisa dibuat bergantung, dan tadaaaaaa dia mangkir dengan bejubel alasan. oh oke baiklah

kemarinnya, gue pergi pada satu peristiwa lagi yang ngebuat gue berpikir betapa mengandalkan diri sendiri adalah jalan terbaik untuk tidak mendapatkan kekecewaan, yah setidaknya kalaupun kecewa kita akan kecewa pada diri sendiri dan terhindar dari menyalahkan orang lain…

manusia butuh bergantung

ber”gantung” mati !

OVERDOSE